Sunday, May 29, 2011

Ada Bedah Buku Perang Makassar di TB Gramedia Makassar



Laporan Wartawan Tribun Timur, Suryana Anas
TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Toko Buku Gramedia Mal Ratu Indah bersama Penerbitan Kampus Univesitas Hasanuddin (PK identitas Unhas) menggelar bedah buku Perang Makassar 1669 prahara Benteng Somba Opu di TB Gramedia MaRI Jl Sam Ratulangi, Makassar, Senin (30/5/2011).

Bedah Buku ini dimulai pukul 15.00 wita dan akan menghadirkan penulis buku Perang Makassar SM Noor. Pada acara ini juga nantinya akan ada pembagian buku gratis untuk peserta yang beruntung.

Perang Makassar 1669 Prahara Benteng Somba Opu ini merupakan novel yang ditulis oleh Guru Besar Fakultas Hukum Unhas SM Noor. Novel ini merupakan sebuah epos berlatar Perang Makassar 1669.

Sebuah tragedi yang terjadi setelah seluruh keuatan armana perang di Nusantara bagian timur berhasil dibujuk oleh kompeni Belanda untuk mengeroyok Somba Opu, ibu kota Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa pada waktu itu dipimpin oleh I Mallombassi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangepe alias Sultan Hasanuddin.

Dalam novel ini digambarkan detik-detik keruntuhan Somba Opu yang sungguh memilukan. Pusat Kerajaan Gowa itu dicabik-cabik dan dibumihanguskan kompeni Belanda. (*)


sumber

No comments:

Post a Comment