Tuesday, July 26, 2011

Nutrisi Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih paling baik dikonsumsi mentah ketimbang dimasak jika ingin menambah sistem kekebalan tubuh Anda. Karena bila dimasak dapat menghancurkan sebagian manfaat kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih yang sudah tua. Proses penuaan alami pada bawang putih meningkatkan antioksidan dan menambah kemampuan bawang putih dalam menaikkan kekebalan tubuh. Selain itu bawang putih yang sudah tua juga tidak memiliki bau yang terlalu kuat.

Vitamin C adalah nutrisi penting bagi kekebalan tubuh. Konsumsilah secara rutin makanan bervitamin C setiap hari seperti buah, sayur, terutama buah-buahan asam seperti jeruk, kiwi, stroberi, brokoli, kol dan parsley. Suplemen vitamin C juga dianjurkan untuk menangkal demam dan flu. Minumlah 2-3 gram per hari.

Seng (zinc) juga mineral penting lainnya yang dibutuhkan untuk fungsi kekebalan tubuh. Seng dapat ditemukan dalam makanan seperti daging sapi, ikan, ayam, susu, telur, kacang polong dan biji bunga matahari dan biji labu. 45mg suplemen Seng sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh Anda.

Spirulina adalah sejenis alga laut yang dapat merangsang kekebalan tubuh. Tanaman itu juga dapat mencegah kanker dan kaya akan nutrisi seperti besi dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Spirulina dapat diminum dalam bentuk kapsul atau tablet. Minumlah 5g per hari atau tambahkan satu sendok dalam bentuk bubuk ke dalam minuman favorit Anda.

Makanan lain yang baik bagi kekebalan tubuh adalah miso, jahe, bawang merah, yoghurt, teh hijau dan rumput laut.

Ada beberapa rempah-rempah yang umum digunakan para herbalis dan naturopath untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari serangan flu, yaitu termasuk astragalus, andrographis, Echinacea dan daun zaitun.

Makanan yang sehat adalah dasar dari kesehatan yang baik dan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang seimbang akan memberikan Anda semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan tubuh seperi seng, vitamin A dan C, selenium dan besi.

No comments:

Post a Comment